Sabtu, 31 Juli 2010

Factor Evaluation System

Pengukuran kinerja dan beban kerja seseorang dalam suatu pekerjaan akan berimplikasi luas, selain efektifitas dan efisiensi dalam pekerjaan, upah merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam menempatkan sesoarang atau merekrut tenaga kerja. Upah yang baik merepresentasikan beban kerja, kemampuan dan hasil kerja seseorang.
Dalam mengukur kinerja seseorang dalam bekerja atau menentukan tingkat kesulitan dari suatu pekerjaan dapat digunakan berbagai macam cara salah satunya adalah dengan menggunakan Factor Evalustion System (FES)
Factor Evaluation System adalah sebuah metode umum yang digunakan dalam menentukan tingkatan dalam sebuah organisasi. Tingkatan ini bisanya diberi symbol numeric seperti GS-1 sampai dengan GS-15. Tiap tingkatan menunjukkan tingkat kesulitan dan tanggung jawab dari sebuah posisi yang juga menunjukkan tingkat upah dan tingkat kualifikasi yang dibutuhkan dalam posisi tersebut. FES digunakan untuk menentukan kelas dari sebuah posisi yang belum diklasifiksikan dalam organisasi.
Banyak format yang digunakan untuk mengklasifikasikan karakteristik dari sebuah pekerjaan. FES menggunakan Point Factor Format. Dalam Point factor format, evaluasi factor factor digunakan untuk menggambarkan karakteristik dari sebuah pekerjaan. FES terdiri atas Sembilan factor (contoh, pengetahuan dibutuhkan dalam pekerjaan yang kompleks) umum untuk banyak posisi yang tidak diawasi dalam pekerjaan terdaftar dalam General Schedule. Standar ditetapkan pada setiap penjelasan dari factor yang digunakan untuk menentukan pada point mana penetapan factor itu. Point itu ditambahkan dari kesembilan factor. Total point merupakan tingkat dari posisi yang sesuai. FES mengunakan standar dalam menentukan nilai point dari masing- masing faktor contoh point 1105 sampai 1350 berada pada grade 6 (GS-1)
Standar pokok adalah standar yang digunakan untuk menetapkan tingkat point dari kesembilan factor dari penjelasan posisi dalam FES point factor format. Faktor levels dalam standar pokok adalah penjelasan dalam konsep yang luas dan dapat diaplikasikan pada berbagai jenis dari posisi non supervisory, kemudian dari tiap penjelasan dari factor pekerjaan, standar pokok dapat digunakan untuk menentukan nilai point
...bersambung....
sumber :  tmcops.gtri.gatech.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi Massa & Kondisi Masyarakat di Indonesia

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai tingkah laku manusia. Psikologi massa merupakan cabang dari psikologi sosial yang mem...