Selasa, 03 Agustus 2010

Data yang valid reliable dan konsisten

Data merupakan suatu catatan kejadian, data ini diambil dari pegukuran terhadap sesuatu  (kejadian), kejadian ini tidak diatur oleh pencatat data dalam arti data diambil sesuai kenyataan yang sebenarnya, dan data tidak direkayasa. Untuk itu para pengolah dan pemegang data dituntut untuk jujur, karena penggunaan data  yang salah akan membawa keuntungan bagi sebagian pihak namun kerugian bagi pihak lain, data merupakan amanat yang harus dijaga.

Kalau menurut Wikipedia Data merujuk kepada kelompok informasi yang merupakan atribut kualitatif atau kuantitatif suatu variabel atau himpunan variabel. Data (jamak dari "datum") biasanya hasil pengukuran dan dapat menjadi dasar dari grafik , gambar , atau pengamatan dari satu set variable. Data sering dipandang sebagai tingkat terendah abstraksi dari mana informasi dan pengetahuan berasal. Data mentah mengacu ada koleksi angka, karakter, gambar atau output lain dari perangkat yang mengumpulkan informasi untuk mengubah besaran fisika menadi symbol, yang belum diproses.
Pengetahuan tentang statistika sangat diperlukan selama adanya ketidakpastian antara hasil yang dicapai dengan sasaran yang ditetapakan (target) penyimpangan hasil terhadap sasaran ini disebut bias.
Selain itu data memiliki sifat valid, reliable dan konsisten. Validitas berasal dari kata validity yang mempunyai arti sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya (Azwar 1986). Atau dapat juga dikatakan valid itu tepat, ketepatan sesuai dengan sasaran.
Reliable menyatakan keterwakilan dari tiap tiap daerah yang dilakukan pengambilan data, data disebut reliable jika semua daerah terwakili.
Konsiten (terjemahan bebas kamus Merriam Webster) adalah sikap ketegasan yang berkelanjutan, mantap, dan tidak berubah. Sama merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan konsisten namun konsisten tidak harus sama.
Dengan melakukan anlisa pada data yang Konsisten, Reliable dan Valid akan akan dihasilakn keputusan yang tepat dan dapat dimanfaatkan dengan baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi Massa & Kondisi Masyarakat di Indonesia

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai tingkah laku manusia. Psikologi massa merupakan cabang dari psikologi sosial yang mem...