Kinerja (performance) : gambaran tingkat pencapaian pelaksanaan kegiatan/program/kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan,misi dan visi organisasi yang tertuang dalam strategic planning suatu organisasi.
- Kinerja bisa diketahui hanya jika individu/kelompok individu tersebut mempunyai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan.
- Kriteria keberhasilan berupa tujuan2/target (tolak ukur) tertentu yang hendak dicapai
- Proses penilaian kemajuan pekerjaan terhadap tujuan & sasaran yang telah ditentukan sebelumnya, termasuk info atas : efisiensi penggunaan sumber daya dalam menghasilkan barang dan jasa; kualitas barang & jasa; hasil kegiatan dibandingkan dengan maksud yang diinginkan dan efektifitas tindakan dalam mencapai tujuan (Robertson, 2002).
- Aktivitas penilaian pencapaian target target tertentu yang diderivasi dari tujuan strategis organisasi (Lohman, 2003).
- Alat manajemen yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan akuntabilitas. (Whittaker, 2000).
- Membantu manajer dalam memonitor implementasi strategi bisnis dengan cara membandingkan antara hasil aktual dengan sasaran & tujuan strategis (simon, 2000). Metode/alat yang digunakan untuk mencatat & menilai pencapaian kegiatan berdasarkan tujuan, sasaran dan srategi sehingga dapat diketahui kemajuan organisasi serta meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan akuntabilitas
- Menetapkan tujuan, sasaran dan strategi organisasi.
- Merumuskan indikator dan ukuran kinerja.
- Mengukur tingkat ketercapaian tujuan & sasaran organisasi
- Evaluasi kinerja (feedback, penilaian kemajuan organisasi, meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan akuntabilitas).
- Tujuan : pernyataan secara umum (belum secara eksplisit) tentang apa yang ingin dicapai organisasi.
- Sasaran : Tujuan organisasi yang sudah dinyatakan secara eksplisit dengan disertai batasan waktu yang jelas.
- Startegi : cara/teknik yang digunakan organisasi untuk mencapai tujuan & sasaran.
- Tujuan, sasaran & strategi ditetapkan dengan berpedoman pada visi dan misi organisasi.
- Berdasarkan Tujuan, sasaran & strategi dapat ditentukan indikator & ukuran kinerja secara tepat.
- Indikator Kinerja mengacu :
Penilaian kinerja secara tidak langsung (hal hal yang sifatnya hanya merupakan indikasi indikasi kinerja). - Ukuran Kinerja mengacu :
Penilaian kinerja secara langsung - Indikator & Ukuran Kinerja sangat dibutuhkan menilai tingkat ketercapaian tujuan, sasaran &strategi
- Bentuk indikator kinerja :
- Faktor faktor keberhasilan utama (critical success factors)
- Indikator kinerja kunci (key performance indicator)
- Membandingkan hasil aktual dengan indikator dan ukuran kinerja yang telah ditetapkan.
- Analisis antara hasil aktual dengan indikator & ukuran kinerja menghasilkan penyimpangan positif, negatif & nol.
- Memberikan gambaran kepada penerima informasi mengenai nilai kinerja yang berhasil dicapai organisasi.
- Informasi pencapaian kinerja dapat dijadikan feedback dan reward-punishment, penilaian kemajuan organisasi, dasar peningkatan kualitas pengambilan keputusan & akuntabilitas.
- Sumber daya
- Biaya (produksi, pemasaran, pelayanan, persediaan, distribusi dsb)
- Assets
- Output
- Keuangan (penjualan, keuntungan, return on invesment)
- Waktu (waktu respon pelanggan, ketepatan wkt mengirim)
- Kualitas
- Fleksibilitas
- Fleksibilitas volume (kemampuan merespon perubahan permintaan)
- Fleksibilitas pengiriman (tingkat kecepatan atas pengiriman).
- Fleksibilitas campuran (kemampuan melayani berbagai jenis permintaan)
- Produk baru dan modifikasian (kemampuan menciptakan produk baru/memodifikasi).
- Pok masukan (input) : segala sesuatu yang dibutuhkan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan menghasilkan keluaran
- Pok proses (process) : ukuran kegiatan, baik dari segi kecepatan, ketepatan maupun tingkat akurasi pelaksanaan kegiatan tersebut.
- Pok keluaran (output) : sesuatu yang diharapkan langsung dapat dicapai dari suatu kegiatan yang dapat berwujud (tangible) maupun tidak berwujud (intangible).
- Pok hasil (outcome) : segala sesuatu yang mencerminkan berfungsinya keluaran kegiatan pada jangka menengah yang mempunyai efek langsung.
- Pok Manfaat (benefit) : sesuatu yang terkait dengan tujuan akhir dari pelaksanaan kegiatan.
- Pok dampak (impact) : pengaruh yang ditimbulkan baik positif maupun negatif.
- Kebijakan (policy) ; untuk membantu pembuatan maupun pengimplementasian kebijakan.
- Perencanaan & penganggaran (palnning and budgeting). Untuk membantu perencanaan & penganggaran atas jasa yang diberikan dan untuk memonitor perubahan terhadap rencana.
- Kualitas (quality) : untuk memajukan standarisasi atas jasa yang diberikan maupun keefektifan organisasi.
- Kehematan (economy) : untuk me-review pendistribusian dan keefektifan penggunaan sumber daya.
- Keadilan (equity) : untuk menyakini adanya distribusi yang adil dan dilayani semua masyarakat.
- Pertanggungjawaban (accountability) : untuk meningkatkan pengendalian & mempengaruhi pembuatan keputusan.
- Memastikan pemahaman para pelaksana akan ukuran yang digunakan untuk pencapaian kinerja.
- Memastikan tercapainya rencana kinerja yang telah disepakati.
- Memantau & mengevaluasi pelaksanaan kinerja & membandingkannya dengan rencana kerja serta melakukan tindakan untuk memperbaiki kinerja.
- Memberikan penghargaan & hukuman yang obyektif atas prestasi pelaksanan yang telah diukur sesuai dengan sistem pengukuran kinerja yang telah disepakai.
- Menjadi alat komunikasi antar bawahan dan pimpinan dalam upaya memperbaiki kinerja organisasi.
- Mengidentifikasikan apakah kepuasan pelanggan sudah terpenuhi.
- Membantu memahami proses kegiatan instansi pemerintah.
- Memastikan bahwa pengambilan keputusan dilakukan secara obyektif.
- Menunjukkan peningkatan yang perlu dilakukan.
- Mengungkapkan permasalahan yang terjadi.
- Bagaimana kemajuan atas sasaran yang telah ditetapkan;
- Membantu dalam mengenali area area kekuatan & kelemahan;
- Menentukan tindakan yang tepat untuk menentukan kinerja.
- Menunjukkan bagaimana kegiatan mendukung tujuan organisasi.
- Membantu dalam membuat keputusan keputusan dengan langkah inisiatif;
- Mengutamakan alokasisumber daya;
- Meningkatkan produk-produk & jasa2 kepada pelanggan.
- Perencanaan : pemilihan/penetapan tujuan2 organisasi serta penentuan strategi, kebijaksanaan, proyek, program, prosedur, metode, sistem, anggaran dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
- Pengorganisasian : perancangan suatu kelompok kerja, penentuan sumer daya & kegiatan, penugasan tanggung jawab, serta pendelegasian wewenang kepada setiap anggota organisasi.
- Penyusunan personalia : perekrutan, pelatihan & penempatan pegawai pada bidang yang sesuai dengan kompetensinya.
- Pengarahan merupakan penugasan para pengawai untuk melakukan aktivitass sebagaimana diinginkan organisasi.
- Pengawasan : segala aktivitas yang ditujukan untuk menjamin bahwa rencana telah dilakukan sebagaimana telah ditetapkan
- Pengendalian preventif (berkaitan dengan perumusan strategi & perencanaan strategik yang diterjemahkan dalam bentuk program program).
- Pengendalian operasional (berhubungan dengan pengawasan pelaksanaan operasional)
- Pengendalian kinerja (terkait dengan evaluasi kinerja berdasarkan tolak ukur kinerja yang telah ditetapkan).
- Proses sitematik yang ditujukan untuk menghasilkan tindakan & keputusan keputusan mendasar sebagai pedoman & panduan organisasi dalam menjawab pertanyaan apa yang harus dilakukan & mengapa melakukan aktivitas tertentu.
- Proses penentuan tujuan organisasi & strategi untuk mencapainya dengan memperhatikan lingkungan internal & eksternal.
- Menginisiasi & menyetujui suatu proses perencaan strategis
- Mengindintifikasi kewajiban kewajiban organisasional
- Menjelaskan nilai nilai & misi organisasi
- Menilai lingkungan internal & eksternal organisasi untuk mengidetiikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.
- Menidentifikasi isu-isu strategis yang dihadapi organisasi.
- Merumuskan strategi untuk me-manage isu isu ini.
- Mereview dan menetapkan rencana rencana strategis.
- Menetapkan suatu visi organisasi yang efektif.
- Megembangkan suatu proses implementasi yang efektif.
- Menilai kembali strategi strategi & proses rencana strategis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar